Kebijakan Berbasis Data – Survey UCRA untuk Mamminasata Makassar terus berkemb…

Kebijakan Berbasis Data – Survey UCRA untuk Mamminasata

Makassar terus berkembang. Bukan hanya sebagai kota, tapi sebagai bagian dari greater Makassar, Mamminasata. Di dalam Mamminasata, Kota Makassar memeluk kabupaten Maros, Gowa dan Takalar dalam konteks perencanaan pembangunannya.

Karena melibatkan kabupaten lain, ddibutuhkan benang merah untuk mendekati isu pembangunan Mamminasata. Di kota Makassar, sedang berlangsung program UKPACT Indonesia, Program kemitraan Kementerian Perhubungan RI dengan Pemerintah Kerajaan Inggris.

Mandat program UKPACT ini, “Mengedepankan Mobilitas Publik Rendah Emisi Berdimensi GESI yang Berkelanjutan di Kota-kota Metropolitan Pesisir Menuju Pembangunan Rendah Emisi yang Lebih Aman, Inklusif, dan Tangguh”.

Dalam posisi itu, UKPACT Indonesia di Kota Makassar menawarkan benang merah pembicaraan pembangunan berbasis data Mamminasata itu lewat penyediaan data ketangguhan masyarakat urban di area ini lewat survey Urban Communities Resilience Assessment (UCRA). Survey sedang berlangsung, walau demikian penerimaan dan pemahaman bersama penting dibangun menyertai perjalanan survey UCRA ini, sehingga gagasan baik tentang Kebijakan Berbasis Data Kota Makassar, salah satunya dengan memanfaatkan hasil survey UCRA dapat diwujudkan.

Narasumber:
1. KaBappeda Kota Makassar (Helmy Budiman)
2. WRI Gender Equity and Social Inclusion Lead (Cynthia Maharani)
3. RDI Asisten Peneliti UCRA (Akhirul Insan)

Moderator:
Vital Strategies City Coordinator- Luna Vidya

 

Bappeda Makassar

1 reply

Comments are closed.