Wali Kota Makassar bersama tim kerjanya ke Negeri Kangguru adalah melakukan pert…

Wali Kota Makassar bersama tim kerjanya ke Negeri Kangguru adalah melakukan pertemuan dengan tim RISE. Hmmm, mungkin warga Makassar masih ada yang bertanya tanya apa sih RISE itu? Tujuannya apa? Programnya seperti apa? dan dampaknya bagi warga apa?

Nah, berikut sedikit ulasan dari mimin nih…

Masalah kesehatan manusia di daerah kumuh cukup signifikan. UNICEF dan WHO telah melaporkan bahwa lebih dari 663 juta orang tidak memiliki akses ke air minum yang aman, dan 159 juta bergantung pada air permukaan untuk konsumsi air mereka. 2,4 miliar orang tidak memiliki akses ke fasilitas sanitasi.

Pasokan air yang tidak memadai, sanitasi dan drainase di lingkungan yang ramai menyebabkan kontaminasi tinja tanah dan air, yang mempengaruhi penduduk untuk penyakit, radang usus, pertumbuhan terhambat, dan kognisi yang buruk.

Sementara itu, permukiman yang dekat dengan saluran air dan daerah yang tergenang air atau berdrainase buruk menjadi sasaran nyamuk, tikus, dan vektor lainnya, yang meningkatkan risiko penyakit yang ditularkan melalui vektor.
Semakin banyak bukti menunjukkan hubungan antara kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan.

Permasalahan sosial tersebut menjadi landasan visi misi RISE dalam menggerakkan agenda perubahan di masyarakat secara lebih fundamental

RISE adalah pendekatan yang digerakkan oleh misi, berbasis tempat dan terintegrasi untuk merevitalisasi permukiman informal dan lingkungannya.

Revitalising Informal Settlements and their Environment (RISE), dipimpin oleh Monash University Australia dan melibatkan uji acak terkendali (RCT) skala besar untuk perbaikan sanitasi dan drainase masyarakat di permukiman informal di Indonesia dan Fiji.

Pengentasan kawasan kumuh melalui program RISE sudah berjalan sejak Agustus 2017. Program ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menuju 0 persen kawasan kumuh.

Program RISE bertujuan untuk mengembangkan bukti melalui program penelitian yang ketat dalam kesehatan ekologi, serta kesehatan dan kesejahteraan manusia. Yang dapat terus diuji di lapangan melalui implementasi yang bekerja sama dengan pemerintah, masyarakat, dan sektor pembangunan.

Bappeda Makassar