USAID IUWASH TANGGUH bersama Pemerintah Kota Makassar menggelar Workshop SIPA (S…

USAID IUWASH TANGGUH bersama Pemerintah Kota Makassar menggelar Workshop SIPA (Social Inclusion and Public Accountability) dalam pengembangan SOP Lapor SP4N Kota Makassar guna memperkuat layanan serta meningkatkan akses air minum, sanitasi, dan higienis.

Workshop ini dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Kota Makassar, Helmy Budiman S.STP., M.Si yang digelar di Hotel Ibis selama dua hari, 23-24 Mei 2023.

“Hadirnya sistem ini diharapkan menjadi solusi utamanya ketika masyarakat tidak tahu harus melapor ke mana, tidak yakin laporannya akan ditindaklanjuti, rasa ragu dan takut akan konsekuensi melapor, serta kekhawatiran tidak tuntasnya tindak lanjut atas laporan yang diberikan,” ungkap Helmy Budiman.

Kemudian dipaparkan hasil assesment dari USAID IUWASH TANGGUH, oleh Rio Sandi, dan menyarankan beberapa poin yakni, keaktifan admin di masing-masing OPD termasuk PDAM dan BLUD Air Limbah Domestik, peningkatan pemahaman terkait sektor Air Minum, Air Limbah dan Sumber Daya Air, serta kegiatan promosi/edukasi aplikasi SP4N Lapor.

Bappeda Makassar