Kota Makassar masuk dalam daftar kota pintar atau smart city. Makassar berada di…

Kota Makassar masuk dalam daftar kota pintar atau smart city. Makassar berada di urutan ke-114 dari 141 kota di dunia.

Daftar kota pintar dunia itu dirilis IMD World Competitivenes Center melalui Smart City Index (SCI) Report 2023. Selain Makassar, juga ada 2 kota lainnya di Indonesia yakni Jakarta di urutan ke-102 dan Medan di urutan ke-112.

Makassar masuk dalam daftar berkat sejumlah capaian yang baik seperti akses informasi pemerintahan, ketersediaan layanan medis, transportasi publik, hingga ketersediaan lapangan kerja baru.

Meskipun demikian, kota tersebut mendapat catatan khusus perihal prioritas yang perlu diperhatikan. Untuk Makassar harus mengurangi angka pengangguran, kemacetan, dan korupsi. 

Sekadar informasi, kota Makassar masuk ke dalam kota pintar dunia bersama beberapa kota besar dari beberapa negara seperti Zurich (Jerman), Oslo (Norwegia), Singapura (Singapura), Beijing (China), Seoul (Korea Selatan), dan Hong Kong (Hong Kong). 

Agang Pembangunan! Mari kita terus sama-sama mendukung pembangunan kota Makassar dengan membangun kesadaran menjaga kota, berkonstribusi sekecil kecilnya, minimal tidak membuang sampah sembarangan dan merusak fasilitas publik yang ada di kota ini.

#smartcity
#makassarcity
#smartcityindeks
#kotamakassar

Bappeda Makassar