Tahapan pembangunan Kereta Api Trans Sulawesi yang melintasi lima kab/kota dari …

Tahapan pembangunan Kereta Api Trans Sulawesi yang melintasi lima kab/kota dari Pare Pare hingga Makassar akan segera berlanjut.
.
Namun, saat ini terjadi polemik terkait desain jalur yang akan digunakan untuk melintasi wilayah kota Makassar. Hal tersebut dikarenakan desain jalur yang akan digunakan berubah dari konsep awal yang akan menggunakan jalur “elevated”.
.
Pemkot Makassar dengan tegas menolak jalur “at grade” dengan berbagai pertimbangan rasional yang secara krusial bersinggungan dengan RTRW Kota Makassar yang telah ditetapkan.
.
Tak sedikit pihak yang memandang sikap pemkot Makassar tersebut semata mata bentuk “arogansi” dan “tendensius” seolah menolak keberadaan Kereta Api di SulSel.
.
Padahal, jika ditelaah lebih dalam, rupanya sejak awal dimunculkannya desain jalur “elevated” di berbagai kota besar di Indonesia untuk meminimalisir terjadinya “banjir” dan “kemacetan”. Mitigasi sosial, lingkungan serta bencana adalah hal paling mendasari konsep jalur layang untuk lintasan kereta api.
.
Lalu, seperti apa sih jalur “elevated” itu? Dan mengapa Pemkot Makassar tegas menolak jalur “at grade”?
Simak ulasan ringkasnya pada slide diatas guys!
.
Intinya, konsep apapun yang dipilih pemerintah sejatinya bermuara pada masa depan warga kota untuk bisa hidup aman dan nyaman.
.
Salamakki ngaseng warga kota Makassar 🙏😊

#keretaapi #naikkeretaapi #balaikeretaapi #balaikeretaapisulsel #elevatedroad #elevatedtrain #keretaapitranssulawesi #pemkotmakassar #bappedakotamakassar #makassaramannyaman #makassaruntuksemua #makassarterusduakalitambahbaik

Bappeda Makassar